La suba teksto estas sugesto nepre adaptebla al lokaj cirkonstancoj. Modifu, resumu, aŭ riĉigu ĝin laŭ via neceso, kaj sendu ĝin al la gazetaro de via regiono.


 

 

 

 

 

 

Kampanye Surat Kabar, Kongres Internasional 2016, Nitra - Slovakia

 

Sejumlah delegasi dari berbagai negara akan berdiskusi mengenai keadilan sosial dan berbahasa di Slovakia!

 

Lebih dari 1.200 orang dari 60 negara tanpa penerjemah akan berpartisipasi dalam kongres internasional tahun ini. Mereka akan datang ke kota Nitra di Slovakia dimana akan berlangsung Kongres Internasional Esperanto ke-101 pada tanggal 23 sampai 30 Juli 2016.

 

 

 

Tema Kongres

 

Tema paling signifikan yang diangkat dalam kongres internasional tahun ini adalah “Keadilan Sosial keadilan berbahasa”. Selama sepekan, mereka akan berdiskusi mengenai solusi-solusi menarik dalam mengatasi ketidakadilan sosial dan berbahasa bersama perwakilan dari masyarakat. Di sini, pendapat dan saran yang muncul dalam diskusi adalah hal yang berkaitan dengan masalah-masalah aktual dan mendesak untuk segera diatasi.

 

Apa itu Esperanto

 

Esperanto adalah bahasa internasional yang saat ini telah berumur 129 tahun. Bahasa ini telah dituturkan di lebih dari 120 negara  dan digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif antarbangsa. Sebagai bahasa global, Esperanto cenderung bersifat netral dan tidak berafiliasi dengan kepentingan imperialisme baik ekonomi maupun politik. Selain itu, berkat kemudahan dan keteraturan dalam tata bahasanya, bahasa ini dapat dikuasai dengan cepat bahkan oleh orang yang tidak cakap dalam hal bahasa.

 

Punahnya bahasa

 

Menurut UNESCO, setengah dari 6.000 bahasa di dunia telah punah sampai akhir dari abad ini (2).

 

Mengapa hal itu adalah sebuah masalah

 

Selain sebagai ketidakadilan sosial yang mana terjadi ketika bahasa ibu tidak dihargai, kita perlu menyadari fakta bahwa keberagaman biologis dan bahasa tidak dapat dipisahkan dan saling terkait satu sama lain. Dari hilangnya keberagaman bahasa akan berdampak pada hilangnya kearifan lokal yang mana diperlukan terhadap keberlanjutan keberagaman biologis, demi kehidupan. (Deklarasi akhir, Konferensi NRO ke-64, Bonn, 2011 (3); and Terralingua (4) ).

 

“Ketika suatu bahasa punah, kita kehilangan kekayaan intelektual yang besar, sebagaimana seseorang melemparkan bom di atas musium Louvre.” (Ken Hale, ahli linguistik Amerika Serikat)

 

Mengapa Esperanto adalah solusi yang memungkinkan

 

Bahasa netral Esperanto adalah benar-benar alat yang dapat digunakan untuk melindungi kebudayaan nasional dari pengaruh monopoli dari satu atau dua bahasa, seperti yang telah kita lihat dewasa ini.

Penutur bahasa Esperanto tidak menginginkan kepunahan bahasa, melainkan setiap bahasa dapat hidup dalam kehormatan hak-hak berbahasa setiap orang dan memperoleh keadilan berbahasa. Di belakang Esperanto bukanlah sebuah negara, sistem ekonomi, upaya imperialisme, atau sekelompok orang, kepentingan pihak tertentu terhadap punahnya suatu bangsa, bahasa, atau aset mereka. Di belakang Esperanto hanyalah orang-orang yang berkeinginan baik dengan tujuan keadilan terhadap semua budaya dan bahasa dalam perdamaian antarmanusia.

UNESCO telah mengakui bahasa Esperanto dalam dua resolusi, yaitu pada tahun 1954 (5) dan tahun 1985 (6). Lalu, hal itu akan dikaitkan dengan peringatan wafatnya pencipta bahasa Esperanto, L.L. Zamenhof ke-100 pada tahun 2017. Di sini, Asosiasi Esperanto Universal adalah rekanan resmi UNECO dan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hari Esperanto

 

indonezia - bilda versio - klaku por malfermi novan fenestron kun la bildo. Por pdf, Facebook-grandeco vidu sub la bildoTepat setiap tanggal 26 Juli, para peserta kongres dan penutur Esperanto di seluruh dunia merayakan Hari Esperanto, yang mana sebagai peringatan pertama kalinya diterbitkan buku pembelajaran bahasa Esperanto 129 tahun yang lalu. Pada perayaan ini akan selalu ditekankan nilai inti dari pergerakan Esperanto, yaitu upaya terhadap keadilan berbahasa di dunia (7).

 

 

 

 

 

 

 

Fakta-fakta mengenai Esperanto

 

Esperanto adalah bahasa yang dewasa ini telah dipelajari oleh lebih dari 212.000 orang melalui situs daring Lernu.net (8), 422.000 orang melalui aplikasi Duolingo (9) dan ribuan lainnya melalui pertemuan-pertemuan Esperanto di seluruh dunia.

 

Sebagai bahasa internasional, Esperanto diperkaya dengan budaya dari penuturnya. Situs daring ensiklopedia, Wikipedia (10) memiliki 229.000 artikel dalam bahasa Esperanto, sehingga merupakan bahasa kedua paling penting yang mana memiliki lebih dari 100 ribu artikel. Perpustakaan Nasional Austria (11) juga memiliki lebih dari 35.000 judul buku dalam bahasa Esperanto, baik yang ditulis langsung maupun terjemahan. Di Perpustakaan Kota La Chaux-de-Fonds, Swiss, arsif CDELI (12) memunyai lebih dari 30.000 buku dan hampir 3.000 surat kabar mengenai Esperanto dan linguistik. Selain itu, katalog Asosiasi Universal Esperanto (13) mencatat ada hampir 7.000 buku (dan kaset, video, dll) untuk penjualan.

Berbagai stasiun radio (daring atau luring) dan kanal televisi tidak ketinggalan bersiaran dalam bahasa Esperanto (14). Para penutur Esperanto terus menumbuhkan pasar yang dinamis dari musik Esperanto (15).

 

Kontaktoj


Rizki Maulana / Ilia Sumilfia Dewi
Jl. Majapahit No.8, Wisma Sarinah Lt. 1 (GRIPWELL), Jakarta - Indonesia
+62 8111773387
iea@esperanto.or.id

www.esperanto.or.id

 

Referencoj:  

www.gazetaro.org/2016/referencoj.htm  

 

 


 

 tradukita kaj adaptita de Ilia Dewi